Mengenal Ruang NICU Dan Peralatan Di Dalamnya

Kita pernah mendengar tentang ruangan NICU yang sudah pasti ada di rumah sakit. Sebenarnya apa sih ruangan NICU? NICU merupakan singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit yang merupakan ruang perawatan intensif di rumah sakit.

NICU disediakan untuk bayi yang baru lahir, yang mengalami masalah atau gangguan kesehatan. Biasanya, bayi dimasukkan ke ruangan NICU dalam waktu 24 jam setelah kelahiran. Lamanya perawatan bayi yang dimasukan ke dalam ruang NICU akan disesuaikan dengan kondisi setiap bayi.

alat kesehatan di ruang nicu

Jika masalah yang dialami bayi makin serius, maka secara otomatis perawatan bayi tersebut akan makin lama di dalam ruang NICU. Ada banyak alasan mengapa bayi perlu di masukan ke dalam ruang NICU. Salah satu alasannya yaitu supaya bayi mendapatkan perawatan yang intensif dan mendapatkan pengawasan yang baik.

Penyebab bayi masuk ruang NICU yaitu saat bayi lahir tidak hanya bergantung pada ibunya sebagaimana saat berada di dalam kandungan. Bayi akan beradaptasi dengan lingkungan, terutama dengan menggunakan organ tubuhnya sendiri.

Tetapi, tidak semua bayi bisa melakukan adaptasi lingkungan dengan cepat, pasti ada beberapa bayi yang lahir dalam kondisi kurang sehat sehingga hal tersebut membuat bayi lebih sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan. Hal tersebutlah yang menyebabkan bayi mendapatkan perawatan khusus.

Kondisi bayi yang mengharuskan masuk ruang NICU yaitu bayi yang lahir prematur sebelum 37 minggu, bayi akan mengalami masalah saat proses persalinan, seperti adanya tanda-tanda gangguan, serta berat badan bayi yang rendah atau di bawah 2500 gram.

Di dalam ruangan NICU terdapat banyak alat yang digunakan untuk perawatan bayi prematur. Lalu peralatan apa saja yang ada di ruang NICU ?

Alat-alat yang ada di ruang NICU Ada beberapa alat kesehatan yang ada di ruang NICU, yang berfungsi untuk membuat kondisi bayi lebih nyaman dan lebih baik. Pada beberapa kasus, hanya ada beberapa alat medis saja yang biasa dipakai, yaitu yang sesuai dengan kondisi gangguan kesehatan bayi :

1. Infant Warmer (penghangat bayi)

Sesuai namanya, infant warmer atau penghangat bayi berfungsi untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap dalam angka yang stabil. Dengan adanya panas (penghangat) yang dihasilkan oleh infant warmer, maka bayi yang lahir tidak normal dikarenakan suhu tubuh yang tidak stabil dapat dikondisikan sesuai kebutuhannya dengan infant warmer. Jika suhu tubuh bayi sudah stabil, bayi bisa dipindahkan ke bed biasa.

2. Inkubator bayi

Alat ini berfungsi untuk melindungi bayi, memberi oksidasi serta memberi kontrol terhadap bayi atau sebagai monitor. Dan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk bayi yang baru lahir, khususnya bayi prematur. Di ruang NICU rumah sakit biasanya terdapat beberapa jenis inkubator bayi. Anda juga bisa membeli inkubator bayi untuk merawat bayi di rumah. Namun hal ini harus dengan persetujuan dokter.

3. Selang makanan

Selang makanan ini digunakan untuk memberi ASI atau nutrisi yang lain pada bayi prematur. Cara penggunaanya yaitu selang dimasukkan ke dalam perut bayi melalui hidung atau mulut.

4. Ventilator

Alat yang berfungsi untuk membantu pernapasan pada bayi prematur. Ventilator tersebut akan dihubungkan pada bayi menggunakan selang tipis yang dimasukkan melalui hidung atau mulut.

5. Lampu fototerapi

Fungsi lampu fototerapi yaitu untuk membantu menurunkan kadar bilirubin pada bayi yang menyebabkan bayi terkena penyakit kuning. Dan konsisi ini umum terjadi pada bayi yang lahir prematur.

6. Patien monitor

Alat yang berfungsi untuk memonitori kondisi bayi yang ada di ruangan NICU. Patient monitor menampilakan parameter-parameter yang dibutuhkan dokter untuk memeriksa kondisi bayi prematur selama 24 jam penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *